KEGELISAHAN DAN KEKHAWATIRAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SEDAN

Saya bertempat tinggal di Desa Sedan RT 02/RW 04 Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Sebelumnya di desa saya sangat damai dan aman para warga melakukan aktivitas seperti biasanya tanpa mengkhawatirkan suatu apapun. 

FENOMENA KEGELISAHAN DAN KEKHAWATIRAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SEDAN
Di Desa Sedan sebelumnya terlihat situasi dan kondisi yang biasa saja seperti halnya desa yang aman dan damai. Namun, setelah adanya virus COVID-19 ini yang penyebarannya sangat cepat dan luas para warga di Desa Sedan menjadi gelisah dan khawatir akan datangnya virus yang sangat berbahaya ini. Seiring berjalannya waktu virus ini semakin membuat warga di Desa Sedan menjadi khawatir sehingga para warga di Desa Sedan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. 

PERMASALAHAN KEGELISAHAN DAN KEKHAWATIRAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SEDAN
Adanya wabah virus COVID-19 ini membuat masyarakat di Desa Sedan mengalami banyak sekali masalah seperti ekonomi yang berkurang,proses jual beli yang sekarang tidak bisa bertatap muka dan bersentuhan,dan masyarakat harus selalu berada di dalam rumah. Hal ini mengakibatkan masyarakat di Desa Sedan sangat khawatir terhadap kondisi ini. Masalah yang lainnya adalah masyarakat diwajibkan memakai masker dan melakukan social distancing yang dimana hal tersebut sangat bertolak belakang dengan kebiasaan masyarakat di Desa Sedan yang suka bersosialisasi dengan masyarakat lainnya.

STRATEGI DALAM MENGATASI KEGELISAHAN DAN KEKHAWATIRAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Para warga/masyarakat di Desa Sedan beserta perangkat desa akan memutuskan untuk segera bertindak dalam menghadapi situasi seperti ini. Para warga dan perangkat Desa Sedan berupaya mencari solusi untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Seluruh masyarakat di Desa Sedan memilih cara yang sesuai dengan anjuran pemerintah seperti dengan cara membagikan ember kepada setiap rumah dengan sistem(door to door) untuk mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Sehingga para masyarakat akan bisa mengatasi/memutus rantai penyebaran virus COVID-19 dengan aman.

Dengan adanya cara tersebut kita selaku masyarakat harus bisa menaati semua protokol kesehatan yang di anjurkan agar kita semua bisa terhindar dari wabah virus COVID-19 ini. Dan semoga virus ini tidak menyebar lebih luas lagi dan warga bisa melakukan kegiatan dengan normal. Hal ini harus selalu kita waspadai dimanapun dan kapanpun kita berada harus senantiasa menjaga kesehatan agar tidak terkena wabah virus COVID-19.

   PENULIS : MOCH.SYIHABUDDIN
                     XII IPS 4 
       SMA NEGERI 1 PAMOTAN